Sunday 1 November 2015

Tips supaya kue tidak bantat



Bolu yang  mengembang sempurna

  Keberhasilan dalam membuat kue tidak selamanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga textur  kue yang mengembang dan tidak bantat.  Untuk menghindari kue dari kondisi bantat saya punya sedikit resep untuk pembaca agar kue bisa mengembang dengan sempurna.

1. Kondisi oven yang kurang panas

Sebelum anda memasukkan adonan ke dalam oven , pastikan dulu suhu sesuai dengan resep kue yang sudah di buat, untuk membuat kue tetap stabil , hindari membuka dan menutup oven agar suhu di dalam oven tetap stabil.

2. Cetakan kue terlalu besar

 Sesuaikan cetakan kue dengan resep yang ada, jangan sampai menggunakan cetakan dengan ukuran yang beda, harus sesuai dengan jumlah bahan olahan dan timing yang  di gunakan untuk memanggang.

3. Bahan terlalu dingin

    Sebelum bahan di olah menjadi kue, pastikan bahan-bahan tersebut,  seperti mentega dan telur yang masih dingin karena baru di keluarkan dari kulkas telah berada dalam suhu normal.

4. Salah mengocok adonan

    Kocok adonan dasar seperti telur dan mentega yang sudah dalam suhu ruangan, masukkan sedikit demi sedikit gula sampai larut , kemudian campur dengan adonan lain, tetap kocok adonan sampai texturnya jadi lembut.

5. Salah penggunaan bahan pengembang

    Kita sering jumpai setiap membuat adonan menggunakan bahan pengembang, dalam penggunaan nya kita tidak boleh sembarangan. Seperti penggunaan bahan pengembang  self-raising flour, untuk hasil yang baik, pastikan penggunaannya mengikuti resep. Untuk penggunaan baking powder atau baking soda, usahakan yang masih segar. Untuk mengetes layak dan tidaknya baking soda, cukup masukkan ke dalam air panas, jika muncul gelembung, berarti masih bisa di gunakan.

Location: Temanggung, Temanggung Sub-District, Temanggung Regency, Central Java, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com