Saturday 14 November 2015

Martabak Manis Isi Meses

Martabak Manis Isi Meses By Chintia Romauli

Martabak manis isi meses
Ala Chintia Romauli

Mbak Chintia ini adalah teman saya saat bekerja di Laris dulu, tapi sekarang salah satu dari kita sudah tidak ada lagi yang bekerja disana.
Setelah keluar dari Laris saya mencari pekerjaan lagi, melamar sana sini tapi gag tau deh sekarang malah jadi tukang bikin kue. Hehehee
Dari kecil saya suka sekali memasak. Saya juga sering melihat acara masak di televisi tapi dulu gag sering praktek jadi cuma ngiler aja bayangin tu masakan enaknya kaya apa. Hahaha :V
Mbak Chintia ini juga sering pesan kue ulang tahun di saya, yang kemarin September dia pesan kue frozen untuk putri tunggalnya. Emmmn sebelum saya bilang itu putri tunggal atau bukan mungkin sebaiknya saya menanyakan pada MbChin langsung si Eca mau dikasih adek apa gag ni Mbak?? :D
Untuk martabak manis yang satu ini saya lihat fotonya di BBM mbak Chin, saya langsung tertarik dan saya palakin aja resepnya buat di share ke blog Oishi cake and cookie.
Katanya si lagi iseng-iseng masak jadi bikin masakan ini itu.. hahaa
Terimakasih sudah mau share resep dan foto masakkannya Mbak Chin ^_^
Oke kita langsung aja ya keresepnya.. kalau banyak cerita nanti gag kelar-kelar :D

Bahan-bahan :
  • 200 gr terigu serbaguna (segitiga biru)
  • 250 ml air
  • 50 gr gula halus
  • 1 sdt baking powder (pastikan fresh)
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm margarin, lelehkan
Cara membuat :

1. Campur semua bahan jadi satu kecuali air. Aduk hingga rata.

2. Kemudian tuangkan air 175ml kedalamnya dan aduk menggunakan spatula balon sampai adonan tercampur rata. Kalau sudah tuangkan sisa air aduk kembali sampai rata. Diamkan adonan selama 1 jam.

3. Siapkan teflon lalu nyalakan api (pakai api kecil saja) masak adonan menggunakan api kecil sampai terlihat ada lubang-lubang yang muncul.

*Dulu saat saya masak martabak manis, melihat ada lubang-lubang yang muncul dari pinggir ke tengah itu rasanya girang bgt :v







4. Kalau sudah ada lubang yang muncul diadonan taburkan gula pasir diatasnya dan tutup supaya adonan matang sempurna.
Ingat menggunakan api kecil ya supaya martabak tidak gosong.

5. Cek martabak dengan cara mengintip kulit bagian bawahnya menggunakan spatula supaya tidak gosong. Kalau sekiranya sudah berwarna kecoklatan dan matang segera angkat.

6. Bagi martabak menjadi dua bagian lalu beri topping meses atau sesuai selera anda.

Yuhuuuu martabak Ala Chintia sudah jadi.. selamat mencoba yaa !!

OISHI cake and cookie




Location: Temanggung, Temanggung Sub-District, Temanggung Regency, Central Java, Indonesia

3 comments:

  1. Haha...sukses selalu ya Indri Young, semoga bisa menciptakan kreasi2 baru yg mudah dibuat, tp tetep josh rasanya.. Btw, adeknya eca entar masih nunggu giliran. Xixi

    ReplyDelete
  2. Haha...sukses selalu ya Indri Young, semoga bisa menciptakan kreasi2 baru yg mudah dibuat, tp tetep josh rasanya.. Btw, adeknya eca entar masih nunggu giliran. Xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mb chin.. bsk share resep lbh banyak lagi. Yang enak dan praktis..
      Hha okelahh mb chin, buruan aja diksh adek :D

      Delete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com