Thursday 19 November 2015

Basil

Apa itu basil?

Gambar 1.1 Basil atau Selasih dalam bentuk kering



   Selasih, tlasih, basil, atau basilikum(Ocimum) adalah segolongan ternayang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dariAsia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.Orang Eropa secara tradisional mengenal O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn. O. sanctum). NamaMelayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasa Sanskerta. WargaIndocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih. Di Thailanddan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thai basil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemon basil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menu Vietnam, misalnya pada sup sapi phở. Manglak dikenal di Indonesia sebagai kemangi.

Sumber : wikipedia.org


Gambar 1.2 Daun Basil

      Kesimpulannya adalah basil berbeda dengan kemangi.. sekilas memang daunnya mirip sekali dengan kemangi akan tetapi aroma dan kegunaannya sangat berbeda. Kalau basil aromanya kuat sekali seperti ada aroma mint'nya sedangkan kemangi langu.


     Untuk kegunaannya basil ini adalah rempah "pokok" untuk masakan-masakan italia sama halnya seperti oregano dan italian seasoning. Biasanya basil dijual dalam bentuk bubuk kering dalam wadah botolan, untuk yang daun segar ada di supermarket-supermarket besar ^_^



      Kalau kemangi kalian pasti udah tau banget dong ya. Hihihii ...
Kemangi biasanya dibuat lalapan atau sebagai pepes, orang Indonesia siapa si yang gag tau sama kemangi. Hihihii
Aroma daun kemangi ini kan yang bikin ketagihan kalau lagi makan sama lalapan :D


Semoga ilmunya bermanfaat yaa teman-teman ^_^


OISHI cake and cookie
Location: Temanggung, Temanggung Sub-District, Temanggung Regency, Central Java, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com