Thursday 19 November 2015

Oregano

OREGANO | Apa itu Oregano?

      Oregano (diberi nama ilmiah Origanum vulgare oleh Carolus Linnaeus) adalah spesies umum dari Origanum, sebuah genus dari keluarga mint (Lamiaceae).Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan sebuah tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan.

    Tanaman ini biasanya cocok digunakan untuk membuat makanan seperti pizza dan spaghetti. Tepatnya untuk masakan yang berbau Italia yaa.. di blog ini juga ada resep lasagna yang salah satu bumbunya menggunakan bubuk oregano kering.

    Oregano adalah ramuan abadi, tanaman ini memiliki panjang 20-80 cm, dengan daun yang berlawanan 1-4 cm. Oregano akan tumbuh dalam kisaran pH antara 6,0 (agak asam) dan 9,0 (sangat basa) dengan kisaran yang lebih disukai antara 6,0 dan 8,0.

       Bunga-bunga Oregano berwarna ungu, panjangnya 3-4 mm,
berikut gambar pohon oregano atau tanaman oreganooregano yang masih termasuk keluarga mint, 

Sumber : dapurpunyaku.blogspot.comwikipedia.org


  • bunganya berwarna ungu 

Gambar 1.1 Oregano Bunga Ungu

  • Tanaman Oregano


Gambar 1.2 Tanaman Oregano



  • Oregano kering untuk memasak




Gambar 1.3 oregano kering untuk memasak

Beberapa species Oregano:

* Origanum vulgare gracile (= Origanum tyttanthum) adalah berasal dari Khirgizstan, dan memiliki daun hijau mengkilap dan bunga-bunga pink. Tumbuh baik di dalam pot atau kontainer, dan lebih sering ditanam untuk nilai tambah dari oregano hias lainnya. Rasanya pedas.

* Origanum vulgare hirtum (oregano Italia, oregano Yunani) adalah sumber umum dari kultivar dengan aroma yang berbeda dari Origanum vulgare gracile. Pertumbuhannya sangat kuat, daun hijau gelap, dan sedikit berbulu. Umumnya, itu dianggap sebagai subspesies terbaik dalam kuliner.

* Origanum vulgare syriacum (= Origanum maru, oregano Suriah, Lebanon oregano, za'atar) memiliki daun yang lebih besar, warna daunnya bervariasi mulai dari hijau pucat sampai keabu-abuan. Rasanya tajam dan mirip dengan oregano Yunani.Kalau di supermarket, Anda bisa menemukan oregano segar dalam kemasan polybag, cari di rak sayuran atau rak sayuran organik.

Location: Temanggung, Temanggung Sub-District, Temanggung Regency, Central Java, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com